Daftar Makanan Khas Manado yang Memanjakan Lidah Hingga Ketagihan

Selain kaya akan wisata alam dan budayanya, Manado juga terkenal dengan kulinernya. Menariknya, meski sebagian besar penduduk Manado beragama non muslim, tapi banyak ditemukan makanan khas Manado yang halal.

Sebagian besar kuliner khas Manado juga berbahan dasar ikan serta bahan lain yang diperoleh dari kekayaan hasil lautnya. Daerah yang tergolong Indonesia bagian tengah ini terkenal dengan makanan pedasnya, juga bumbu yang menggoda selera. Jadi, jika berkunjung kesana, jangan lupa icip kuliner khasnya!

Nah, apa saja makanan khas Manado yang wajib dicoba? Yuk simak ulasan berikut ini!

Tinutuan

Makanan ini sangat melekat dengan Kota Manado, bahkan kota yang berada di Sulawesi Utara ini sering disebut kota tinutuan. Tinutuan terbuat dari campuran aneka sayur, labu kuning, dan beras yang diolah menjadi bubur. Hidangan ini bahkan kerap dijadikan menu sarapan di hotel bintang 3 ke atas.

Nah, jika Anda penasaran dengan rasanya, kunjungilah beberapa warung makan di daerah Manado, baik warung makan sederhana ataupun mewah.

Cakalang Fufu

Sumber : portalinformasi.com

Makanan khas Manado selanjutnya adalah cakalang fufu, yang tentu saja berbahan dasar ikan cakalang. Sebelum diolah bersama bumbu dan rempah, ikan cakalang diasap terlebih dahulu. Jika sudah melalui proses pengasapan, ikan tersebut bisa diolah menjadi cakalang fufu saos atau cakalang fufu santan.

Menu ini lebih nikmat disantap dalam keadaan panas, apalagi jika ditambah nasi putih hangat. Nah, bagi Anda yang ingin menjadikannya oleh-oleh, ada banyak pedagang yang menjual cakalang fufu siap packing.

Sambal Roa

Manado yang terkenal dengan kuliner pedas, salah satunya sambal roa. Sambal roa merupakan campuran cabai dengan ikan roa atau sejenis ikan terbang. Sebelumnya, ikan roa diasap dahulu hingga kering, kemudian ditumbuk hingga halus. Nah, campurkan ikan roa dengan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, dan garam. Tumis bahan-bahan tersebut hingga matang.

Sambal ini cocok sebagai pelengkap tinutuan atau menu lainnya. Ada dua jenis sambal roa, yaitu sambal roa basah dan sambal roa kering. Lantas, dimana bisa mendapat sambal khas Manado ini? Baik di rumah makan sederhana atau mewah Manado, biasanya menyediakan menu sambal roa.

Nasi Kuning Manado

Sumber : primarasa.com

Nasi kuning juga menjadi salah satu makanan khas Manado, namun sedikit berbeda dengan nasi kuning di daerah lain. Ya, nasi kuning yang satu ini dilengkapi dengan irisan ikan cakalang dan daging sapi. Disamping itu, pembungkus nasi kuning Manado berupa daun woka, seperti janur.

Jika tertarik mencobanya, pergilah ke daerah Komo pada malam hari. Di malam hari, banyak penjual yang menjajakan nasi kuning hingga subuh tiba.

Pisang Goreng

Jika biasanya pisang goreng identic dengan rasa manis tanpa cocolan apapun, maka berbeda dengan Kota Manado. Di kota ini, pisang goreng disuguhkan bersama sambal dabu-dabu atau sambal roa. Ya, pisang dibalut dengan tepung manis lalu digoreng kering, kemudian dicocol dengan aneka sambal. Unik bukan?

Pisang goreng ini kerap dijual pada sore hingga malam hari. Nah, akan lebih asyik lagi jika pisang goreng, sambal roa atau sambal dabu-dabu, serta kopi menjadi teman Anda untuk menikmati sunset di pantai.

Es Brenebon

Sumber : Langangan.co.id

Selain makanan pedas, Manado memiliki minuman segar dengan cita rasa manis dan isian yang unik. Ya, isian es brenebon ini adalah kacang merah, berbeda dengan daerah lain yang pada umumnya menggunakan kacang hijau. Sebelum diolah menjadi es brenebon, kacang merah direndam dahulu semalaman agar teksturnya lebih empuk.

Selain kacang merah, es yang satu ini terdiri dari es serut, gula merah, gula pasir, sedikit garam, daun pandan, vanili, susu kental, dan pastinya air. Banyak pedagang kaki lima yang menjual minuman segar ini dengan harga terjangkau di setiap sudut kota Manado.

Gohu

Gohu adalah sejenis asinan buah dari Manado. Makanan khas Manado yang satu ini mengandalkan pepaya mengkal sebagai bahan utamanya. Pepaya yang sudah dikupas, dicuci, dan diiris memanjang, kemudian dicampur dengan cuka, cabe yang dihaluskan, jahe, gula aren, dan air. Yang membuatnya unik adalah menambahkan fermentasi telur ikan atau bakasang pada asinan tersebut.

Karena terdiri dari bahan-bahan bercita rasa kuat, maka lidah Anda akan merasakan sensasi yang menakjubkan saat menyantap gohu. Ya, rasa manis, asam, pedas, berpadu jadi satu.

Klapertaart

Sumber : youtube.com

Kuliner jenis dessert ini merupakan warisan orang Belanda, namun kini bisa disebut sebagai dessert khas Manado. Klapertaart tidak hanya manis, tapi juga gurih. Rasa gurih tercipta karena salah satu bahan utamanya adalah kelapa. Nah, kelapa yang diolah bersama tepung, telur, mentega, susu, dan gula ini menjadi satu hidangan favorit orang Manado dan sekitarnya.

Klapertaart terdiri dari berbagai varian rasa, diantaranya coklat, keju, dan durian. Anda dapat memilih sesuai selera Anda tentunya. Karena termasuk hidangan kering, dessert ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Jangan lupa untuk menyantapnya dalam keadaan dingin agar lebih nikmat.

Woku Blanga

Anda juga harus mencoba makanan khas Manado yang satu ini, woku blanga. Olahan ikan yang dimasak di dalam belanga tentu menghasilkan cita rasa yang khas dan sangat traditional. Nah, bumbu yang digunakan diantaranya adalah daun kunyit, serai, daun pandan, kemangi, dan daun jeruk. Bahan-bahan tersebut akan menciptakan cita rasa pedas serta aroma wangi dan segar.

Ikan yang digunakan untuk membuat woku belanga pun cukup beragam, mulai dari ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, kepiting, hingga udang. Jika penasaran dengan kuliner traditional ini, kunjungilah warung makan tradisional atau restoran khas Minahasa di Manado.

Ayam Tuturuga

Sumber : Detikfood.com

Bosan dengan olahan ikan? Cobalah menu ayam tuturuga. Banyak wisatawan yang mengira ayam tuturuga adalah opor karena tampilannya mirip. Kedua menu tersebut pun sama-sama terbuat dari santan dan bumbu kuning. Namun pastinya ayam tuturuga memiliki tambahan bumbu khas Minahasa, inilah yang membuat rasanya berbeda.

Meski berwarna kuah berwarna kuning, masakan Sulawesi Utara ini bercita rasa pedas, cocok untuk Anda yang suka pedas. Rasa pedas tersebut tentu berasal dari cabai rawit, jahe, serai, bawang merah, dan bawang putih.

Sayur Ganemo

Jika ingin hidangan segar yang menyehatkan, maka sayur ganemo pilihannya. Makanan khas Manado yang satu ini tetap eksis di umurnya yang semakin menua. Ya, sayur ganemo adalah masakan yang sudah lama menjadi favorit orang Manado. Hidangan ini terdiri dari daun melinjo, taoge, bunga pepaya, labu kuning, serta kuah santan.

Sayuran yang diolah bersama bumbu dan rempah Manado ini bercita rasa gurih, segar, dan cenderung tidak pedas. Jadi, jika Anda bukan penggemar pedas, sayur ganemo bisa jadi alternatif.

Dari 11 makanan khas Manado di atas, mana yang membuat Anda penasaran dan ingin segera mencobanya? Jangan ditunda, yuk kunjungi ibukota Sulawesi Utara lalu nikmati kuliner khasnya!

Tinggalkan komentar