14 Makanan Khas Medan yang Harus Anda Coba

Medan merupakan salah satu kota di Indonesia dan merupakan ibu kota dari provinsi Sumatera Utara. Kota Medan adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, jadi tidak heran kota ini memiliki banyak makanan lezat dengan berbagai variasi.

Selain mencari kuliner khas Medan yang enak-enak, Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang cocok dikunjungi sambil mencicipi makanan-makanan khas Medan yang terdapat di tempat tersebut.

Jika Anda berkunjung ke kota Medan, tentunya Anda tidak lupa untuk mencari tahu dan mencoba berbagai kuliner khas medan yang bersejarah dan sangat menggugah selera. Nah berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas kota Medan.

Lontong Medan

Di Indonesia ada beberapa lontong sayur yang terkenal sangat enak, salah satunya adalah lontong sayur khas Medan. Yang membuat lontong sayur ini unik adalah karena di dalamnya menggunakan tauco dan udang sehingga rasanya nikmat dan gurih.

Sedangkan untuk sayurnya sendiri cukup bervariasi, ada sayur nangka, labu siam, kacang panjang, dan wortel, selain itu lontong Medan ini juga dilengkapi dengan rendang daging, telur balado, kering tempe, dan kacang tanah goreng.

Mie Gomak

Mie khas Medan ini memiliki cara penyajian dengan digomak-gomak atau genggam dengan tangan, karena itulah dinamakan mie gomak. Namun sekarang ini sudah banyak yang tidak digenggam lagi saat dihidangkan.

Mie gomak ini juga dikenal dengan spageti Batak karena bentuknya yang mirip lidi. Mie ini berbentuk goreng atau kuah dan mempunyai rasa yang unik terlebih lagi jika dicampur dengan jeruk andaliman.

Saksang

Saksang adalah makanan dari Pedan yang sangat enak, makanan ini cukup unik karena terbuat dari daging babi, kerbau, atau anjing yang dicincang kemudian dibumbui rempah-rempah dan santan.

Makanan dimasak dengan menggunakan darah hasil sembelihan hewan dan bisa juga olahan rempah biasa tanpa darah, cara masak ini cukup unik dan tidak biasa. Rasa saksang sangat lezat dan gurih, namun makanan ini tidak cocok untuk orang muslim karena tidak halal.

Bihun Bebek

Makanan berikutnya adalah bihun bebek, bihun ini diberikan topping berupa irisan daging bebek yang direbus dan taburan dari bawang putih goreng. Kuah dari bihun bebek ini berasal dari kaldu rebusan bebek, inilah yang membuat aroma dari kaldu bihun ini sangat khas.

Rasa bihun bebek sangat gurih, terlebih lagi jika ditemani dengan cabai rawit dan acar sebagai pelengkapnya.

Mie Aceh Medan

Mie Aceh Medan terkenal memiliki rasa yang sangat lezat dan kaya akan rempah-rempah. Mie yang satu ini dibuat dari mie kuning yang dimasak pedas dengan menggunakan tambahan kepiting atau daging.

Mie Aceh Medan ini sering juga disajikan bersama dengan irisan jeruk nipis dan acar bawang, irisan mentimun, dan emping melinjo.

Bika Ambon

Bika ambon adalah sebuah kue khas Melayu yaitu Bingka yang dimodifikasi dengan tuak atau nira sehingga menjadi berongga dan mengembang. Bika Ambon ini terkenal karena pertama kali dijual dan populer di sekitar Jalan Ambon, Medan.

Bika Ambon terbuat dari telur, santan, gula, dengan rasa pandan dan varian lain seperti cokelat, durian, dan keju.

Ikan Teri Medan

Salah satu hasil olahan laut yang terkenal di kota Medan adalah ikan terinya. Ikan teri Medan ini mempunyai kualitas yang sangat tinggi dibandingkan dengan ikan teri lainnya, selain itu kandungan gizi ikan teri juga sangat tinggi.

Ikan teri khas Medan sering dijadikan sebagai sambal olahan seperti sambal rawit atau sambal merah, untuk cemilan dan untuk pelengkap masakan.

Rujak Kolam Medan

Rujak ini disebut Rujak kolam karena para pedagang menjualnya di dekat Kolam Deli, Medan. Dikatakan bahwa rujak ini sudah mulai dijual pada tahun 60-an. Rujak ini disajikan dengan tumbukan kacang kasar di atasnya.

Buah yang digunakan dalam rujak ini cukup banyak, sekitar delapan sampai sepuluh jenis buah. Yang uniknya lagi dari rujak ini adalah ada tambahan pisang muda.

Sate Padang Medan

Sate merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan hampir ada di setiap daerah, sate padang Medan ini adalah salah satu sate yang paling terkenal. Sate ini menggunakan daging ayam atau sapi yang disiram dengan kuah sate padang atau bumbu kacang.

Sate padang memiliki ciri khas tekstur dagingnya yang tebal dan besar. Bumbu sate ini juga berbahan cabai, merica, dan bawang. Sate in sangat cocok dimakan dengan nasi atau lontong.

Kacang Sihobuk

Kacang sihobuk ini merupakan kacang yang terkenal karena sejarahnya tentang kejadian longsor di suatu desa pada tahun 80-an. Masyarakat setempat memasak kacang yang diberi nama Sihobuk untuk mengenang kejadian tersebut.

Kacang ini dibuat dengan cara direndam dalam air kemudian setelah itu digosengkan dengan pasir. Ukuran kacang sihobuk ini lebih besar, jadi sangat cocok Anda nikmati sebagai cemilan.

Kopi Sidikalang

Minuman khas Medan berikutnya adalah Kopi Sidikalang. Kuliner khas Medan ini diolah dengan cara tradisional, mulai dari pemilihan biji kopinya, penggosengannya, sampai dengan proses penggilingannya.

Cita rasa dari kopi sangat enak, ini dibuktikan dengan kopi ini yang bisa bersaing di negara lain. Bahkan kopi sidikalang ini bisa dibandingkan dengan kopi Brazil dengan rasa yang kompleks dan berat.

Kolak Durian

Medan adalah kota yang tidak bisa lepas dari buah durian. Salah satu makanan di kota Medan yang menggunakan olahan buah durian adalah kolak durian. Kolak ini berisi campuran durian, pisang, ketan putih, dan siraman gula aren yang membuatnya semakin manis dan enak.

Kolak durian memiliki aroma buah durian yang sangat khas sehingga sangat cocok disajikan bersama dengan es yang menyegarkan. Ketika di mulut, kolak ini akan terasa lumer.

Soto Medan

Makanan khas Medan yang selanjutnya adalah soto khas Medan. Soto ini mempunyai keunikan di bagian kuah sotonya, dimana kuah soto Medan ini berwarna kuning. Bumbu rempah pada soto Medan membuat soto ini semakin nikmat.

Biasanya soto ini disajikan bersama dengan ayam suwir, tauge, perkedel, lontong, dan telur. Soto Medan sangat cocok dimakan ketika cuaca sedang dingin.

Daun Singkong Tumbuk

Daun ubi atau daun singkong tumbuk dibuat dengan cara ditumbuk memakai cobek atau lesung dan ulekan. Ada juga yang mengolah daun singkong tumbuk ini dengan memotongnya tipis-tipis atau menggunakan blender.

Daun singkong tumbuk ini memiliki campuran santan, rempah-rempah, dan ikan teri yang membuatnya semakin enak untuk disantap. Daun singkong tumbuk sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap makanan.

Nah itulah tadi beberapa contoh makanan khas Medan yang terkenal dan memiliki rasa enak. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke kota Medan, jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner khas Medan yang terkenal akan kelezatannya.

Tinggalkan komentar