20 Makanan Khas Palembang, Tidak Kalah Dari Pempek!

Bagi pecinta makanan, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Palembang, yaitu tekwan dan pempek. Dua makanan ini sangatlah populer dan banyak sekali orang yang menyukainya dari berbagai daerah.

Palembang sebagai salah satu kota di Indonesia tentu memiliki daya tarik tersendiri, selain dari wisata alamnya masih banyak tempat wisata lain. Salah satunya adalah wisata kuliner Palembang yang jumlahnya sangat banyak.

Di Palembang ada banyak sekali makanan-makanan tradisional yang masih dipertahankan sampai sekarang. Meski Palembang sangat terkenal akan pempek-nya, namun perlu Anda tahu bahwa masih banyak makanan lain yang terkenal dari Palembang.

Nah berikut ini adalah kumpulan makanan khas kota Palembang yang tidak kalah enak dengan pempek yang biasa Anda makan.

Celimpungan

Celimpungan adalah salah satu turunan dari pempek, makanan ini biasanya hanya muncul pada saat lebaran saja jadi cukup sulit ditemukan. Bahan dasar celimpungan adalah sagu dan ikan. Celimpungan ini mirip seperti laksan namun bentuknya bulat putih dan lebih besar dari tekwan.

Burgo

Burgo terbuat dari adonan tepung sagu dan tepung beras yang dimasak seperti dadar tipis, setelah itu digulung dan diiris kasar sehingga tampilannya mirip seperti kwetiau. Makanan ini sangat enak jika dimakan bersama dengan kuahnya yang gurih, kuahnya sendiri dibuat dari aneka bumbu.

Martabak Palembang

Makanan khas palembang yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah martabak palembang. Bahan martabak ini mirip seperti martabak lain di Indonesia, yang membedakannya adalah cara memakan martabak ini. Martabak ini disantap dengan kuah kental yang kaya akan rempah-rempah.

Pindang Ikan

Jika Anda pergi ke palembang, tentu Anda harus mencoba makanan yang satu ini. Pindang ikan adalah makanan yang berbahan dasar ikan patin dengan kuah santan, pindang ikan ini terasa manis,, asam, pedas, dan gurih yang bergabung sehingga terasa sangat lezat.

Es Kacang Merah

Sumber : tagar.id

Jika cuaca sedang panas, maka es kacang merah ini adalah salah satu kuliner yang harus Anda coba di Palembang. Selain menyegarkan, es kacang merah ini juga bisa memuaskan dahaga Anda dan bisa memanjakan lidah Anda karena rasa manis dari es tersebut.

Gado-Gado

Gado-gado adalah turunan dari pempek lainnya yang juga harus Anda coba. Adonan gado-gado ini mirip seperti pempek, hanya saja gado-gado ini berbahan dasar ikan. Sedangkan untuk kuahnya sendiri menggunakan kuah cuka dari pempek.

Roti Koing

Roti yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Palembang. Makanan ini sering hadir di bulan puasa dengan bentuknya yang bulat dan sedikit keras. Roti ini tidak memiliki rasa, biasanya orang-orang mengonsumsi roti ini bersama dengan kopi dan teh dengan merendamkannya.

Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak dibuat dari durian yang telah difermentasi dimana rasa dari sambal ini adalah pedas, manis dan asam dengan sedikit rasa durian. Sambal ini sangat cocok digunakan untuk menemani nasi panas dengan lauk ikan atau ayam dan gorengan.

Gulo Puan

Gulo Puan adalah kuliner khas Palembang yang sudah semakin sulit ditemui, makanan ini terbuat dari susu kerbau dan gula. Selain dikonsumsi langsung, gulo puan juga bisa dijadikan sebagai bahan olahan makanan lain.

Kemplang dan Kopi Palembang

Kemplang adalah kerupuk khas Palembang yang cukup terkenal dan mudah ditemukan di sejumlah lokasi dan toko oleh-oleh khas Palembang. Cara paling enak untuk menikmati kerupuk ini adalah dengan cocolan sambal dan secangkir kopi khas Palembang.

Sate Sapi Cucuk Manis

Sate adalah kuliner yang hampir ada di setiap daerah, namun untuk sate khas Palembang yang satu ini memiliki keistimewaannya sendiri. Sate ini memiliki rasa yang manis dengan tambahan kecap bukan sambal kacang yang membuatnya berbeda dari sate lainnya.

Pindang Tulang

Makanan khas Palembang yang berikutnya adalah pindang tulang. Jika pindang patin terbuat dari ikan patin, makan pindang tulang ini terbuat dari iga sapi yang membuatnya sangat nikmat. Selain itu makanan ini juga mempunyai kuah yang cukup pedas.

Mie Celor

Makanan berikutnya ini merupakan salah satu makanan yang paling banyak dicari di Palembang. Mie celor ini disajikan dengan kuah kalduĀ  santan yang kental ditambah dengan telur rebus dan tauge. Kuah yang gurih dan kaldunya membuat mie celor ini sangat enak dan wajib Anda coba.

Lakso

Laksa ini mirip seperti burgo, yang membedakan kedua makanan khas Palembang ini adalah kuahnya. Laksa berbentuk seperti mie dengan kuah nya yang kental dan gurih. Terlebih lagi jika ditambah dengan bawang goreng, makanan ini akan semakin nikmat untuk disantap.

Laksan

Laksan atau yang di tempat lain dinamakan pempek lenjer merupakan kuliner khas Palembang yang disajikan dalam kuah bersantan. Karena disajikan dengan kuah bersantan, makanan ini mirip seperti lontong sayur. Laksan paling enak dimakan di pagi hari untuk sarapan pagi.

Kue Lapis Kojo

Kue ini hadir dengan warna hijau daun pandan dan suji, kue lapis kojo ini bisa Anda temukan ketika hari raya. Kue ini mempunyai rasa yang manis dan sangat enak. Campuran telur bebek atau telur ayam membuat kue ini semakin empuk dan mengembang.

Dadar Jiwo

Dadar jiwo adalah kue khas Palembang yang sangat unik, pasalnya kue ini memiliki kulit yang terbuat dari terigu dan telur. Uniknya lagi, kue ini memiliki isi pepaya muda yang ditumis menggunakan santan. Dengan tambahan bawang goreng, cabe sebagai toping, kue ini jadi makin istimewa.

Lenggang

Kuliner khas Palembang yang selanjutnya adalah lenggang. Seperti yang kita tahu bahwa Palembang sering mengolah ikan sebagai makanan khasnya, salah satunya yaitu lenggang ini. Lenggang adalah olahan ikan dan telur yang disajikan dalam daun pisang kemudian di panggang.

Tempoyak

Tempoyak adalah makanan dari Palembang yang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya makanan ini terbuat dari campuran daging durian, cabai, dan jug bawang. Ketiga bahan tersebut tidaklah biasa untuk dijadikan satu. Namun tempoyak ini memiliki rasa yang lezat dan sering dijadikan pelengkap.

Engkak Ketan

Makanan khas Palembang yang terakhir adalah engkak ketan. Makanan ini termasuk jenis jajanan kue yang berlapis-lapis. Kue ini berbahan dasar tepung ketan yang diolah dengan santan. Kue ini memiliki rasa manis yang lezat, Anda bisa menemukan kue ini di kota Palembang.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Palembang yang tidak kalah enak dari pempek dan tekwan. Jika Anda berkunjung ke kota Palembang, jangan lupa untuk mencoba beberapa kuliner khas Palembang di atas.

Selain beberapa kuliner yang kami sebutkan di atas, masih banyak kuliner khas Palembang yang juga tidak kalah enak. Sekian, semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda memilih makanan Palembang yang ingin dicoba.

Tinggalkan komentar